Loading

Hambatan atau Faktor Penghambat Perdagangan Internasional (Antar Negara)

Berikut ini adalah pembahasan tentang hambatan-hambatan dalam perdagangan luar negeri internasional antar negera, faktor penghambat perdagangan internasional.


Hambatan perdagangan antarnegaraBanyak hambatan dan permasalahan yang dihadapi dalam perdagangan luar negeri. Dari berbagai masalah yang ada di bawah ini disebutkan beberapa masalah yang pokok, antara lain sebagai berikut.


1. Ancaman perang.Ancaman ini merupakan paling serius bagi perdagangan luar negeri. Itulah sebabnya, setiap negara berusaha untuk tidak bergantung pada perdagangan dengan negara lain. Sebab bila terjadi perang maka perekonomian negara-negara yang terlibat perang akan mengalami akibat yang buruk.


2. Perbedaan tingkat upah.Negara yang memiliki biaya tenaga kerja yang relatif murah dengan sendirinya akan mampu menjual barangnya di pasar internasional dengan harga yang relatif murah pula. Hal ini akan mematikan negara yang harga tenaga kerjanya mahal.


3. Peraturan/kebijakan negara lain.Setiap negara berusaha untuk melindungi perekonomian di dalam negerinya dari pengaruh perdagangan internasional. Untuk melindungi perekonomian suatu negara, pemerintah dapat mengeluarkan berbagai macam peraturan/kebijakan.



Gambar: Perdagangan Internasional


Tindakan yang selama ini banyak dilakukan adalah berupa proteksi, yaitu usaha melindungi industri-industri di dalam negeri. Bentuk proteksi itu ada berbagai macam, di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Tarif dan bea masuk

Dikenakannya tarif/bea masuk yang tinggi bagi barang luar negeri, akan mengakibatkan harga barang tersebut kalah bersaing dengan barang dalam negeri.

b. Pelarangan impor

Produksi dari luar negeri sama sekali tidak boleh masuk ke pasaran dalam negeri. Misalnya, harga sepatu buatan Indonesia jauh lebih murah dibandingkan harga sepatu buatan Malaysia. Akan tetapi, karena pemerintah Malaysia melarang impor, maka sepatu Indonesia tidak boleh masuk ke pasar Malaysia.

c. Pelarangan ekspor

Produksi dari dalam negeri sama sekali tidak boleh dijual ke pasaran luar negeri. Misalnya, pemerintah Indonesia pernah melarang ekspor buatan Indonesia kalah bersaing dengan mebel rotan buatan luar negeri. Padahal rotannya berasal dari Indonesia.

d. Kuota

Kuota ialah pembatasan jumlah barang impor yang boleh masuk ke dalam negeri.

e. Subsidi

Subsidi atau bantuan pemerintah dimaksudkan agar produsen dalam negeri dapat menjual barangnya lebih murah, sehingga mampu bersaing dengan barang impor.

f. Dumping

Kebijakan ini merupakan salah satu bentuk pembedaan harga antara yang berlaku di dalam negeri dan di luar negeri. Negara yang mengekspor barangnya ke pasar negara lain memberlakukan harga yang lebih murah dibandingkan harga di dalam negeri sendiri. Contoh negara yang memberlakukan dumping adalah Jepang.

Dengan adanya berbagai hambatan di atas, berbagai negara di dunia berusaha mengadakan kerja sama ekonomi.

0 Response to "Hambatan atau Faktor Penghambat Perdagangan Internasional (Antar Negara)"

Posting Komentar

03a0af1fa1e6594668c25731da65bc30